Sabtu, 26 Januari 2013

Attitude!

Diposting oleh Unknown di 06.49

"Gelar Sarjana di mata masyarakat lebih sulit didapat daripada gelar Sarjana di mata pendidikan yang ditempuh."

Ya. Itu adalah sepenggal kalimat yang ada dalam pembahasan malam hari, waktu itu. Ada berbagai nasehat yang terselip di antara kalimat-kalimat Papah. Jika dicermati dan ditela'ah lebih dalam, Papah ada benarnya juga.

Gelar Sarjana dari pendidikan yang kita tempuh di Perguruan Tinggi baik itu swasta maupun negeri, memang belum ada apa-apanya ditengah masyakarat. Masyarakat semakin hari semakin pintar. Masyarakat semakin hari semakin maju dan kritis. Seorang yang mendapatkan gelar Sarjana atau Profesor Dr. sekalipun, jika tak mampu berkecimpung baik di tengah masyarakat tak akan ada artinya.

Menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi memang penting. Mungkin lebih tepatnya adalah menuntut ilmu itu sangat penting! Karena apa? Karena yang masyarakat harapkan, dari ilmu yang kita cari setinggi-tingginya tersebut dapat diterapkan sebaik-baiknya di setiap lapisan masyarakat. Hanya saja, masyarakat yang kian hari kian lebih maju pemikirannya, kini mampu menilai bahwa berpendidikan setinggi apapun itu tidak menjamin sukses di mata masyarakat. Paradigma seperti ini terlahir atas kurangnya praktek dan banyaknya teori dari sosok berpendidikan tinggi tersebut.

Ada berbagai gelar yang ditawarkan dari berbagai Perguruan Tinggi. Jika kita berminat, kita tinggal pilih. Tapi apakah tujuan kita menuntut ilmu setinggi itu adalah untuk suatu pencapaian gelar? Mpep akui, ada rasa bangga ketika nama kita tampak bertambah panjang. Tapi Mpep yakin, masih banyak yang meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi itu bukan karena ingin mencapai gelar saja. Mpep yakin, ketika kita memutuskan lanjut studi ke jenjang yang lebih tinggi, masih banyak yang mulia dengan tujuan suatu bentuk dedikasi kita untuk memajukan taraf hidup.

Namun ada hal yang perlu kita garis bawahi, menuntut ilmu itu bisa dilakukan siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Menuntut ilmu itu penting, tapi ada yang jauh lebih penting, apa itu? Attitude! Ya, sikap adalah yang terpenting dan akan menjadi bagian paling pokok dalam kesuksesan di tengah masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar




 

VISCART Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review