Selasa, 12 Februari 2013

Dengue Fever dan Dengue Haemorrhagic Fever

Diposting oleh Unknown di 14.53


Setelah sebelumnya kita bahas Encephalitis dan Meningitis. Pada pembahasan kali ini, Mpep akan mengkaji tentang Dengue fever dan Dengue Haemorrhagic Fever. Dilihat dari katanya hampir mirip ya. Tapi ternyata beda loh teman-teman. Apa sih bedanya? Kita bahas yuk...

Dengue merupakan penyakit virus yang biasanya terjadi di daerah tropis. Penyakt ini biasanya di awali dengan adanya infeksi, erupsi, serta demam yang ditularkan oleh nyamuk genus Aedes sebagai vektor virus dengue. Ditandai dengan nyeri hebat pada kepala, mata, otot, sendi, sakit tenggorokan, beringus. Terkadang pula di tandai dengan erupsi pada kulit.

Proses infeksi melalui gigitan nyamuk genus Aedes ini biasanya terjadi pada siang hari. Nyamuk  melakukan gigitan pada penderita Dengue yang kemudian dapat tersebar pada individu yang lain karena virus pada si penderita terbawa oleh nyamuk tersebut. Manifestasi klinis dan infeksi virus tersebut dapat berupa Dengue Fever ( DF ) dan Dengue Haemorrhagic Fever ( DHF ).

Teman-teman tahu apa itu Dengue Fever?
Dengue Fever atau istilah lainnya sebagai demam Dengue adalah jenis penyakit dengue yang terjadi pada gigitan nyamuk sebagai infeksi virus dengue pertama. Namun, jika manusia sudah terpajan virus dengue kemudian terinfeksi kembali secara berulang maka penderita demam dengue tersebut kemungkinan besar akan terjadi Dengue Haemorrhagic Fever ( DHF) atau istilah lainnya adalah demam berdarah dengue. Terjadinya perdarahan pada penderita DHF disebabkan trombosit atau keping-keping darah menurun secara drastis.

Kurang lebih seperti itulah pembahasan Dengue Fever dan Dengue Haemorrhagic Fever. Sudah dapat dibedakan khan?.... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar




 

VISCART Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review