Jumat, 28 Juni 2013

Herpes

Diposting oleh Unknown di 06.02
Finally, loncat juga ke blok penyakit kategori selanjutnya, setelah merampungkan blok penyakit-penyakit yang termasuk dalam kategori penyakit Arthropod-borne Viral Fevers and Viral Haemorrhagic Fevers :)

Kali ini kita akan membahas tentang Herpes. Nah, penyakit ini cukup familiar di telinga masyarakat. Kalau di kalangan orang sunda, penyakit ini sering diistilahkan sebagai penyakit " kururawit ". Adakah yang memiliki istilah lain dari kalangan Anda? :))

Banyak jenis herpes di dunia kesehatan. Tapi kita bahas mengenai herpes itu sendiri yuk?

Herpes merupakan penyakit kulit yang meradang. Ditandai oleh pembentukan vesikel kecil yang mengelompok. Istilah ini pada umumnya dibatasi untuk penyakit yang disebabkan oleh herpesvirus/herpesviral. Herpesvirus/herpesviral adalah setiap kelompok virus DNA yang merupakan agen etiologi herpes simplex, herpes zoster, cacar air, dan penyakit inklusi sitomegali pada manusia, serta pseudorabies dan penyakit yang menyerang binatang lainnya.

Apa itu Herpes simplex?
Herpes simplex adalah penyakit akut yang ditandai oleh kelompok vesikel pada kulit, seringkali terjadi pada perbatasan bibir ( labialis ) atau lubang hidung ( cold sores ), atau pada organ genital ( genital herpes ). Biasanya sering disertai demam ( fever blisters, herpes febrilis ). Jika dikelompokkan berdasarkan jenis imunologik, herpes simplex terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis I ( terjadinya infeksi pada nongenital ), jenis II ( terjadinya infeksi pada genital ).

Lalu, apa itu Herpes zoster?
Herpes zoster atau shingles merupakan penyakit radang akut unilateral dan sembuh sendiri, yang mengenai ganglia serebralis dan ganglia radiks saraf posterior dan saraf tepi dalam distribusi segmental, disebabkan oleh virus cacar air ( chickenpox ). Penyakit ini ditandai oleh kelompok vesikel kecil pada area kulit sepanjang perjalanan saraf yang terkena dan disertai oleh nyeri neuralgik. Sehingga, ada berbagai jenis istilah penyakit yang terkait dengan herpes zoster sesuai dengan letak yang terinfeksi virus herpes zoster pada bagian tubuh kita. Misal, herpes zoster ophthalmicus, herpes zoster oticus ( syndrome Ramsay Hunt ) dan yang lainnya.

Yaahhh, seperti itulah kurang lebih. Kalau bicara tentang dunia kesehatan tak ada habisnya. Maaf yah, pembahasannya masih banyak kekurangan. Tapi Mpep senang kita bisa sama-sama belajar. Sampai ketemu di lain pembahasan yah... :))

 

0 komentar:

Posting Komentar




 

VISCART Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review